Era Industri 4.0 Cold Storage Otomatisasi dan Digitalisasi

2019-09-02

Era Revolusi Industri 4.0 Cold Storage Otomatisasi dan Digitalisasi. Transformasi dari berorientasi pada eksploitasi sumber daya alam SDA menuju efisiensi SDA, jasa dan peningkatan nilai tambah dan produktivitas.

pemanfaatan teknologi digital, dan sudah barang tentu akan mendorong percepatan pemanfaatan potensi ekonomi sumber hasil laut.

Menurutnya, industri 4.0 ini akan lebih cepat diadaptasi karena dari sisi lingkungan memang sudah mengharuskan. Karena itu, pemerintah harus memberikan fasilitas yang memadai bila ingin mendorong industri 4.0.

Apabila penciptaan lingkungan industri baik, maka dengan sendirinya bisa terealisasi lebih cepat, dan diadaptasi berbagai sektor usaha, baik skala kecil maupun besar.

Era Digital 4.0 melalui teknologi , Cold Storage merupakan fasilitas pendukung yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil laut guna menjaga kwalitas hasil tangkapan. Cold Storage dilihat dari fungsi dan kegunaannya mempunyai peranan penting untuk menjaga kwalitas hasil tangkapan nelayan sebelum akhirnya didistribusikan ke konsumen, dengan adanya sistem program cold storage mampu memberikan kemudahan untuk mengetahui informasi mulai dari stok ikan, lamanya ikan, proses jadwal kapan dititipkan dan pengeluaran ikan dengan sistem digital dsb.

Dikutip dari Wikipedia, revolusi industri 4.0 memiliki empat prinsip yang memungkinkan setiap perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan berbagai skenario industri 4.0, diantaranya adalah:

1. Interoperabilitas (kesesuaian)
kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk terhubung dan saling berkomunikasi satu sama lain melalui media internet untuk segalanya (IoT) atau internet untuk khalayak (IoT).

2. Transparansi Informasi
kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor.

3. Bantuan Teknis
pertama kemampuan sistem bantuan untuk membantu manusia mengumpulkan data dan membuat visualisasi agar dapat membuat keputusan yang bijak. membantu manusia melakukan berbagai tugas yang berat, tidak menyenangkan, atau tidak aman bagi manusia.

4. Keputusan Mandiri
kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan dan melakukan tugas semandiri mungkin.

Teknologi Komputasi awan (cloud computing) adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual untuk bisa konfigurasi server melalui internet.

Cloud Computing merupakan Pilar Utama dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0

hasillaut.com Cold Chain Storage, Transport and Fulfillment Services. effectively and efficiently, faster and cheaper delivery.
© 2018 hasillaut.com All Rights Reserved
e. tanya [@] hasillaut.com
e. hasillautoline [@] gmail.com
Follow media sosial Hasil Laut