Ayo Makan Ikan Banyak Kandungan Vitamin Protein Omega 3,6,9

2019-08-12

Ikan dapat menjadi salah satu solusi utama bagi permasalahan gizi di Indonesia. Ikan kaya akan gizi esensial yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan. Negera kita kaya akan hasil laut yang melimpah Namun sangat disayangkan Pola Konsumsi Makan Ikan Masyarakat masih rendah.

Permasalahannya adalah pola konsumsi masyarakat Indonesia terhadap sumber pangan hewani secara umum masih rendah jika dibandingkan dengan pangan nabati. Pada tahun 2014, konsumsi protein hewani sebesar 32,1% dari total protein. Konsumsi protein hewani nasional masih sangat rendah dan perlu terus ditingkatkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, terus mendorong peningkatan konsumsi ikan di tanah air melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).  Pada Senin (8/4/2019), Susi mengunjungi tiga pondok pesantren (Ponpes) di Jawa Barat yaitu Ponpes Al-Quran Cijantung, Kabupaten Ciamis; Ponpes Darussalam, Kabupaten Ciamis; dan Ponpes Al Munawar, Pasir Bokor, Tasikmalaya.

Menurut Susi selain mengampanyekan Gemarikan guna menangggulangi persoalan stunting (gangguan pertumbuhan), kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendorong Gerakan Masyarakat untuk Sadar Mutu dan Karantina Ikan (Gemasatukata) melalui pengenalan ikan segar dan berkualitas.

Untuk itu, KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) dan BKIPM menyerahkan sejumlah bantuan program budidaya bioflok, benih ikan, dan ikan segar di ketiga Ponpes dimaksud.

Susi mengatakan generasi muda perlu diajarkan kecintaan mengonsumsi ikan. Harapannya dapat mengubah pola konsumsinya dari daging merah dan aneka junk food menjadi seafood atau makanan produk kelautan dan perikanan.

“Misi ini merupakan tugas bersama seluruh komponen bangsa dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas melalui konsumsi ikan yang memiliki kandungan gizi menyehatkan dibandingkan protein hewani lainnya,” kata dia, Senin (8/4/2019).

Rendahnya konsumsi protein tersebut berpotensi menghambat upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia. Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang absorbsi proteinnya lebih tinggi dibandingkan dengan produk hewani lain seperti daging sapi dan ayam, sumbangan protein ikan terhadap total protein hewani mencapai 57.1%. (Sumber Data BPS, 2014)

KKP berupaya terus mendorong peningkatan produksi, pengembangan pengolahan produk perikanan, penyediaan sarana pemasaran yang representatif, mengembangkan  sistem  logistik dan distribusi ikan yang mampu mendistribusikan ikan dari daerah produsen hingga konsumen.

Selain itu juga mengembangkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) melalui  peningkatan  permintaan ikan, penyebarluasan  informasi tentang kandungan gizi dan manfaat makan ikan, merubah  budaya dan persepsi yang salah tentang ikan dimasyarakat (seperti makan ikan menyebabkan anak cacingan, air susu ibu berbau amis dan korengan).



Ikan mengandung protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam lemak omega 3, 6, 9 yang baik manfaat nya untuk tubuh manusia. Kandungan asam amino dan omega 3 nya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan sumber protein yang lain nya.

Jadi Ayo Makan Ikan

#DiRumahAJa

Langkah Kecil berarti Besar
#Makan Ikan #Sayur #Buah #telur #keju #daging sapi, ayam dan berbagai Makanan hasil laut #Minum air putih dan Olahraga #Jaga Imun Tubuh Tambah Kuat, Cegah Corona Covid 19
hasillaut.com Cold Chain Storage, Transport and Fulfillment Services, Penitipan Gudang Beku untuk penyimpanan hasil laut, kami berusaha membantu memberikan kemudahan didalam sistem penitipan gudang dengan konsep B2B dan B2C.
© 2018 hasillaut.com All Rights Reserved
e. tanya [@] hasillaut.com
e. hasillautoline [@] gmail.com
Follow media sosial Hasil Laut